Mendesain Fasad, Wajah Sebuah Rumah

fasad minimalis

Tahukah anda bahwa bukan hanya manusia saja yang memiliki wajah, tetapi rumah juga memiliki wajah. Wajah sebuah rumah biasanya disebut dengan fasad, meskipun memiliki arti yang berbeda namun fasad memang memiliki peranan penting bagi sebuah rumah.

Apalagi jika mengacu pada letaknya yang ada di depan, sebagai wajah sebuah rumah tentunya fasad harus memiliki desain menarik sehingga mampu memberikan kesan baik bagi sang empunya rumah.

Tidak heran jika fasad dianggap salah satu bagian rumah yang paling penting. Karakterdan identitas pemilik rumahpun dapat terlihat dari sini. Untuk itulah mendesain fasad bukan hal yang berlebihan tentunya.Pada umumnya fasad akan memiliki desain sesuai dengan gaya yang diterapkan pada sebuah rumah.

Jangan sampai desain fasad berbeda dari konsep yang diangkat karena dapat memberikan kesan yang kurang baik karena memang fasad merubakan satu kesatuan dari rumah tersebut.

Selain desain rumah, memperhatikan lingkungan juga wajib anda lakukan ketika mencoba mendesain wajah rumah ini. Lingkungan di sini maksudnya adalah jalan di depan rumah anda, pastikan fasad menghadap ke jalan dengan posisi yang sesuai. Sinar  matahari juga salah satu faktor lingkungan yang perlu diperhatikan. Fasad yang baik memerlukan pencahayaan yang sesuai, jadi pastikan desain fasad anda tidak menghalangi sinar matahari.

Namun perlu diingat pula nahwa pencahayaan tadi dapat diatur sedemikian ruma untuk membatasi cahaya yang masuk, terutama sinar terik yang terjadi pada siang hari. Anda juga harus memperhatikan pengaturan angin. Maksutnya adalah desain fasad yang anda buat jangan sampai menghalangi udara segar yang masuk. Rumah yang baik dan sehat adalah rumah dengan sirkulasi udara yang cukup.

Namun jika rumah anda berada di daerah dengan kadar polusi cukup tinggi, anda dapat membuat desain fasad yang agak tertutup.

Pencahayaan dan sirkulasi udara sudah anda atur, kemudian langkah selanjutnya adalah mencari material yang sesuai untuk desain fasad rumah anda. meskipun bahan yang digunakan sama seperti membangun rumah, untuk menambah estetika fasad anda dapat menambahkan material tambahan seperti keramik atau batu alam misalnya.

Dengan pemilihan material dan penataan yang tepat, tentunya fasad rumah anda akan terlihat lebih indah dan menarik. Sampai pada titik kemudian pikirkanlah warna yang tepat untuk fasad rumah anda. warna yang dipilih sebaiknya disesuaikan terlebih dahulu dengan konsep yang diusung dan pastikan warna tadi sesuai dengan pengaturan pencahayaan seperti yang telah anda desain.

fasad modern

Untuk pemilihan warna, ada baiknya anda mencari referensi atau bertanya pada orang yang berpengalaman. Masalahnya adalah pemilihan warna ini harus disesuaikan dengan pencahayaan sehingga mampu memberikan tampilan yang menawan. Elegan, natural, modern, klasik, atau apapun kesan yang ingin anda tonjolkan pada akhirnya akan berkaitan dengan pencahayaan ini.

Pada akhirnya keselarasan dari semua elemen di atas yang akan menentukan tampilan fasad rumah anda. Desain, pengaturan cahaya, material yang dipilih, hingga pencahayaan malam hari memiliki peranannya masing – masing dalam memperlihatkan wajah rumah kebanggaan anda.

Tentunya dengan mendesain fasad rumah anda sebaik mungkin akan memberikan kesan baik pula pada anda sebagai pemilik rumah karena memang wajah dari sebuah rumah akan menunjukan identitas dan karakter sang pemilik rumah.

fasad rumah

Semoga informasi mengenai fasad atau wajah rumah dari infopropertysemarang.com ini bermanfaat bagi anda ketika mendesain wajah rumah kebanggaan anda dan keluarga.

Leave a Reply

%d bloggers like this: