Mendesain Villa yang Nyaman

villa modern

Pada dasarnya membuat desain villa sama halnya ketika anda membuat desain rumah biasa. Yang membedakan mungkin hanya tujuan pembangunan dan lokasi villa tersebut dibangun. Tujuan pembangunan villa ini tentu saja berbeda pada setiap orangnya, ada orang yang membangun villa untuk disewakan kembali, namun ada pula orang yang membangun villa khusus pribadi.

Karena letaknya yang berada jauh dari perkotaan, maka villa secara umum dapat dikatakan sebagai tempat berlibur untuk mendapatkan ketenangan dan melepas rasa penat selama menjalankan aktivitas diperkotaan.

Saat ingin mendesain villa, sebagian orang kebingungan bagaimana membuat sebuah villa yang indah. Sebenarnya hal ini merupakan kesalahan umum yang dilakukan karena kurangnya pengetahuan. Untuk membantu anda mendesain villa anda, berikut ini tips mendesain villa yang nyaman.

Mulailah dengan hal – hal sederhana

Umumnya orang akan berfikir mengenai desain villa yang indah. Untuk mengawalinya buatlah sketsa kasar mengenai villa yang anda inginkan. Contohnya seperti apa villa yang anda inginkan, fitur apa saja yang akan anda wujudkan pada villa tadi, dan berbagai hal lainnya. Pada langkah pertama ini, anda tidak perlu menyewa jasa arsitektur. Ekspresikan keinginan anda untuk membuat sketsa kasar sebagai bahan acuan pembangunan pada nantinya.

Berfikir ke depan

Satu hal yang harus anda ingat bahwa villa yang akan anda bangun harus mampu menjawab pertanyaan seperti digunakan untuk apa, untuk siapa, dan akankah villa tadi menunjang segala kegiatan untuk anda beserta keluarga. Jadi jangan sampai anda berpikiran mengenai villa seperti apa yang anda inginkan saat ini.

villa putih

Sebagai tempat rekreasi, tentunya villa harus mampu mengakomodir segala kebutuhan pemakainya. Jangan hanya melihat dari satu sisi trend saja, namun ada baiknya anda melihat dari segi kebutuhan dan berbagai point penting agar desain villa anda benar – benar maksimal.

Maksimalkan pemakian dan kenali dengan baik lahan pembangunan villa

Mengingat lokasi pembangunan villa berbeda dengan lokasi pembangunan rumah biasa, maka sudah jelas jika tekstur tanah, bentuk tanah, dan berbagai perbedaan lainnya pasti ada. Dari sini tentunya anda harus mempertimbangkan segala sesuatunya dengan baik mengingat lahan tadi akan anda jadikan sebuah villa.

Prioritaskan hal yang ingin anda bangun misalnya bangunan utama dan fasilitas yang anda inginkan. Memaksimalkan lahan yang ada dan mengenalinya merupakan kunci dalam membangun villa yang aman, nyaman, dan indah tentunya.

Sirkulasi Udara dan fungsi ruang

Sebagai tempat berlibur sudah barang tentu jika sebuah villa harus memiliki sirkulasi udra yang baik. Selain itu, fungsi ruang juga sangat mempengaruhi kenyamanan sebuah villa.

Untuk masalah ini ada baiknya anda berkonsultasi pada ahlinya. Sebagai tempat rekreasi memperhatikan kenyamanan sebuah villa tentu saja harus dilakukan. Dengan begitu villa anda akan mampu memberikan rasa nyaman ketika digunakan.

Perhatikan pencahayaan

Memperhatikan pencahayaan penting untuk lakukan. Tentunya pencahayaan tersebut berkenaan dengan pencahayaan di malam hari serta pencahayaan di siang hari.

Pencahayaan di malam hari tentu saja anda harus memperhatikan jumlah dan letak lampu, serta menyesuaikannya dengan desain yang villa. Sedangkan pencahayaan di siang hari merupakan penyesuaian dari arah datangnya cahaya matahari dan desain villa.

villa

Itulah sedikit tips membnagun villa yang nyaman. Semoga tips tersebut bermanfaat bagi, dan semoga anda dapat mewujudkan sebuah villa yang bukan hanya indah namun juga nyaman untuk digunakan.

Leave a Reply

%d bloggers like this: