Profil Tata Kota

Menurut KBBI, tata kota adalah pola tata perencanaan yg terorganisasi untuk sebuah kota dalam membangun, misalnya jalan, taman, tempat usaha, dan tempat tinggal agar kota itu tampak apik, nyaman, indah, berlingkungan sehat, dan terarah perluasannya pada masa depan
Menurut Peraturan Pemerintah RI nomor 69 tahun 1996 tentang pelaksanaan hak dan kewajiban serta bentuk dan tata cara peran serta masyarakat dalam penataan ruang meliputi:
1) Ruang adalah wadah yang meliputi ruang daratan, ruang lautan, dan ruangudara sebagai satu kesatuan wilayah, tempat manusia dan makhluk lainnyahidup dan melakukan kegiatan guna memelihara kelangsungan hidupnya.
2) Tata ruang adalah wujud struktural dan pola pemanfaatan ruang, baik direncanakan maupun tidak.
3) Penataan ruang adalah proses perencanaan tata ruang, pemanfaatan ruangdan pengendalian pemanfaatn ruang.
4) Rencana tata ruang adalah hasil perencanaan tata ruang.
5) Wilayah adalah ruang yang merupakan kesatuan geografis beserta segenapunsur terkait padanya yang batas dan sistemnya ditentukan berdasarkanaspek administratif dan atau aspek fungsional.
6) Kawasan adalah wilayah dengan fungsi utama lindung atau budi daya.
7) Kawasan pedesaan adalah kawasan yang mempunyai kegiatan utama pertanian termasuk pengelolaan sumber daya alam dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat permukiman perdesaan, pelayanan jasa pemerintahan, pelayanan sosial, dan kegiatan ekonomi.


Menurut Erna Witoelar kegiatan penataan ruang pada dasarnya merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjamin lingkungan hidup yang berkelanjutan dengan memperhatikan keunggulan komparatif di suatu wilayah, dan mengurangi kesenjangan pembangunan dengan mengurangi kawasan-kawasan yang miskin, kumuh dan tertinggal.

Menurut Slamet Darwani, tata ruang kota dan wilayah itu adalah menentukan, merencanakan, dan memastikan bagaimana penggunaan ruang secara proporsional sehingga area yang ada di Jakarta dapat memenuhi aspek kegiatan ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup pada kawasan kota tersebut ketiga aspek tesebut sangat penting bagi keamanan, kesejahteraan, dan kemajuan pada masyarakat yang tinggal pada kawasan tersebut.
Menurut Nurkholis Hidayat, tata ruang kota dan wilayah itu adalah suatu usaha pemegang kebijakan untuk menentukan visi ataupun arah dari kota yang menjadi tanggung jawab pemegang kekuasaan di wilayah tersebut.
Menurut Abidin Kusno, tata ruang tidak hanya berupa tampak fisik dari lingkungan saja tapi juga mempengaruhi pengakuan identitas. Baik individual atau kolektif. Ruang dengan kapasitas tersebut bisa menghapuskan identitas individu ataupun komunitas bahkan populasi sekalipun, melalui ( sains, tekhnologi, dan ekonomi ) ilmu pengetahuan, politik etik dan simbol-simbol ritual yang dibuat oleh aparat-aparat kekuasaan.

Sumber :
http://tatakota-bangkim.tangerangselatankota.go.id/bidang-teknik/profil/
http://tatakota-bangkim.tangerangselatankota.go.id/rencana-tata-ruang-bangunan-pemukiman/profil/

Sumber Gambar :
http://2.bp.blogspot.com/-jcfLdnYQHaM/UyuOuPr-F4I/AAAAAAAAHDg/nLuZjhUaE6A/s1600/palmanova-2%5B6%5D.jpg
http://assets.kompas.com/data/photo/2013/08/29/1832128oma780x390.jpg

Leave a Reply

%d bloggers like this: