Tips Jual Beli Rumah yang Aman

rumah impian

Memiliki rumah idaman merupakan impian semua orang. Ada berbagai macam cara untuk mewujudkan keinginan tadi, mulai dari membangunnya sendiri maupun membeli rumah yang sudah jadi. Meskipun rasa puas akan lebih terasa ketika mendesain dan membangun rumah sendiri, namun tidak ada salahnya membeli rumah yang sudah jadi.

Ada beberapa keuntungan sebenarnya ketika anda memutuskan untuk membeli rumah yang sudah jadi antara lain biaya yang lebih terjangkau, tidak perlu repot menunggu rumah tersebut jadi, dan lain sebagainya. Namun berhati – hatilah ketika anda akan membeli sebuah rumah. Bukan bermaksut untuk berprasangka buruk, namun berhati – hati merupakan cara yang paling aman agar anda tidak dirugikan bukan?

Dalam melakukan jual beli rumah, pemaham yang mendalam akan masalah jual beli ini sangat diperlukan antara si pembeli dan si penjual rumah tadi. Apalagi untuk orang awam yang tidak memiliki pengalaman dalam jual beli rumah, tentunya berhati – hati mutlak diperlukan.

Dengan begitu hal – hal yang tidak diinginkan seperti penipuan tidak menimpa anda. Bagi anda yang masih awam dalam urusan jual beli rumah ini dan memiliki niatan untuk membeli rumah, infopropertysemarang.com akan berbagai mengenai tips jual beli rumah yang aman. Berikut tipsnya.

  1. Pemeriksaan mendetail ada tanah dan bangunan yang akan dibeli

rumah masa depan

Sebelum membeli sebuah rumah, sangat dianjurkan bagi para pembeli untuk mendatangi secara langsung rumah yang hendak dibelinya. Hal ini bertujuan untuk memastikan luas tanah, keadaan serta kondisi bangunan, fasilitas yang tersedia, serta keadaan lingkungan sekitar rumah yang ingin dibeli tadi secara langsung. Pastikan pula bahwa rumah tersebut sedang tidak disewakan kepada orang lain.

  1. Cek surat – surat resmi serta pajak bumi dan bangunan (PBB)

Setelah pemeriksaan fisik selesai, selanjutnya anda harus memeriksa kelengkapan surat – suart seperti sertifikat dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB )rumah tersebut di kantor pertanahan setempat. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa sertifikat yang ada asli dan penjual sudah melunasi PBB sampai rumah tersebut di jualnya. Jangan lupa pula pastikan bahwa rumah tersebut sedang tidak di sita bank, tersangkut masalah hukum, sengketa, dan masalah lainnya yang dapat merugikan anda.

  1. Membuat Akta Jual Beli (AJB) di kantor notaris/PPAT

Jika keadaan fisik dan surat – surat rumah dalam kondisi yang sebenarnya sesuai penjelasan di atas, maka kini saatnya anda membuat Akta Jual Beli (AJB). Pastikan anda membuat Akta Jual Beli ini hanya di kantor notaris/PPAT yang resmi dan berwenang dalam urusan tersebut. Umumnya setelah akta jadi pihak penjual harus membayar PPN sebesar 5% dan pihak pembeli membayar BPHTB sebesar 5% pula.

rumah minimalis

Jika anda mengikuti cara – cara yang telah dijelaskan di atas pada saat melakukan jual beli rumah, maka anda akan mengurangi resiko terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan seperti penipuan misalnya. Jual beli rumah berhubungan dengan biaya yang tidak sedikit, untuk itu anda harus berhati – hati.

Jangan sampai anda terburu – buru ketika ingin membeli sebuah rumah, pastikan rumah yang akan anda beli benar – benar sesuai dengan selera anda. Itulah sedikit tips jual beli rumah yang aman yang bisa infopropertysemarang.com berikan. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda pada saat anda ingin membeli sebuah rumah, dan semoga anda mendapatkan rumah impian anda beserta keluarga.

Leave a Reply

%d bloggers like this: