Tips Membangun Rumah Toko (Ruko)

ruko minimalis modern

Perkembangan dunia properti saat ini tentu saja penuh dengan inovasi – inovasi terbaru untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Kebutuhan akan hunian, tempat usaha, maupun tempat rekreasi menjadikan bisnis property semakin diminati banyak orang.

Hal ini pulalah yang menjadikan para pelaku usaha property selalu berinovasi untuk dapat bersaing dalam pasar properti di Indonesia khususnya di Semarang. Salah satu inovasi yang sangat menguntungkan saat ini adalah rumah toko atau biasa disebut dengan ruko.

Ruko merupakan perwujudan dari solusi praktis bagi seseorang yang ingin memiliki ruang usaha sekaligus hunian sendiri. Pada umumnya ruko terdiri dari 2 lantai atau mungkin juga bisa lebih, tergantung kebutuhan sang pemilik.

Lantai dasar dapat digunakan sebagai ruang usaha dan lantai di atasnya dijadikan tempat tinggal. Bagi anda yang ingin membangun sebuah ruko, simak dahulu tips dari infopropertysemarang.com berikut ini.

  1. Perhatikan Lokasi Pembangunan Ruko

Sudah umum diketahui bahwa lokasi yang strategis menjadi salah satu faktor keberhasilan sebuah usaha. Berawal dari sini, maka jika anda ingin membangun sebuah ruko carilah lokasi yang strategis untuk mendukung usaha anda.

Misalnya saja anda dapat membangun ruko di sekitar area pasar, kampus, atau lokasi ramai lainnya. Dengan begitu ruko yang anda bangun akan benar – benar menjadi tempat usaha yang menguntungkan.

  1. Perhatikan Konstruksi Bangunan Ruko

Mengingat ruko memiliki dua fungsi dalam satu bangunan, maka anda harus memperhatikan betul desain dari ruko yang akan anda bangun. Hal ini tentu saja berkaitan dengan fungsi bangunan agar mampu memenuhi kebutuhan anda yakni sebagai penghuni sekaligus sebagai tempat usaha. Dengan begitu ruko yang anda bangun memberikan kenyamanan bagi penghuni sekaligus konsumen pada nantinya.

ruko

Jika memang mendesain ruko cukup sulit untuk dilakukan, ada baiknya anda menggunakan jasa arsitek. Dengan begitu desain ruko tersebut akan mampu menjawab semua kebutuhan anda sebagai penghuni dan tentunya juga nyaman untuk konsumen.

  1. Ijin Mendirikan Bangunan Untuk Ruko

Ruko sebagai tempat usaha tentunya harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah. Untuk itu sebelum anda membangun ruko, ada baiknya anda sudah mengantongi Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Dengan adanya IMB anda akan merasa nyaman dan tidak was – was lagi karena sudah memenuhi persyaratan untuk mendirikan bangunan sesuai dengan peraturan pemerintah.

  1. Perhatikan Batas Antara Bangunan Ruko Dengan Jalan

Pada saat anda membangun ruko perhatikan baik – baik jarak antara bangunan ruko anda dengan jalan raya. Umumnya jarak antara bangunan dan jalan raya berkisar antara 5 sampai 7 meter. Penempatan jarak tadi dimaksudkan untuk mengantisipasi jikalau nantinya terjadi pelebaran jalan.

Bayangkan saja saat anda tidak memperhatikan jarak antara bangunan ruko dengan jalan, tentunya pada saat terjadi pelebaran jalan bangunan anda harus dibongkar. Tentu saja hal ini akan sangat merugikan anda baik dari sisi biaya maupun waktu.

Ruko sebagai tempat usaha dan hunian tentunya harus dapat mengakomodir kebutuhan sang pemilik dan konsumen. Dengan memperhatikan kedua hal tersebut, maka membangun ruko dengan perencanaan yang matang mutlak diperlukan karena ruko memang sangat berbeda dengan rumah atau toko yang berdiri sendiri.

ruko kecil

Dengan beberapa tips yang telah kami berikan di atas, semoga anda dapat mewujudkan ruko yang bukan hanya menguntungkan dalam usaha anda, namun juga dapat menjadi hunian idaman bagi anda beserta keluarga.

Leave a Reply

%d bloggers like this: