Tips Membeli Ruko yang Menguntungkan

membeli ruko yg strategis

Saat ini banyak sekali pengusaha property yang berlomba – lomba untuk mendirikan rumah toko. Rumah toko atau ruko merupakan salah satu jawaban bagi kebutuhan masyarakat akan hunian yang nyaman serta ruang usaha untuk menjalankan bisnisnya. Seperti yang dapat anda lihat, saat ini ada banyak sekali ruko yang dibangun bahkan langsung terjual habis.

Yang jadi persoalan adalah terkadang ruko yang langsung habis terjual bahkan pada saat pembangunan belum selesai tidak menampakan kegiatan usaha yang signifikan. Malah terkadang tidak jarang ruko – ruko tersebut tidak memperlihatkan adanya kegiatan sama sekali. Ada pula ruko yang cukup lama terjual habis, namun dari beberapa ruko yang terjual langsung nampak kegiatan bisnis yang dilakukan.

Untuk menghindari kerugian setelah anda membeli sebuah ruko, kami akan memberikan sedikit tips membeli ruko yang menguntungkan. Berikut tip – tipsnya :

  1. Tentukan Tujuan Pembelian Ruko

Tujuan membeli sebuah ruko tentu saja untuk usaha, entah itu digunakan sendiri atau disewakan kepada orang lain. Jika ruko tersebut ingin anda gunakan sebagai tempat usaha sendiri, maka sesuaikan terlebih dahulu antara ruko dan usaha yang ingin anda jalankan.

Misalnya saja anda ingin membuka tempat fotokopi dan alat tulis, tentu anda harus membeli ruko yang mampu mengakomodir semua kebutuhan usaha anda serta tetap nyaman bagi para konsumen.

  1. Pilih Lokasi yang Strategis

Pemilihan lokasi pada saat membeli ruko tentu saja salah satu faktor terpenting. Lokasi sangat berpengaruh terhadap usaha yang akan dijalankan, jika ruko anda berada pada lokasi yang strategis maka tentu usaha yang ingin anda jalankan semakin menguntungkan.

ruko sederhana

Jika ruko tersebut akan disewakan, maka lokasi strategis tadi juga dapat menarik minat penyewa dan harga sewa ruko anda semakin meningkat. Lokasi strategis ini biasanya terletak di lokasi yang ramai misalnya saja pusat kota, sekitar kampus, pasar, disekitar perumahan, dan lain sebagainya.

  1. Melakukan Survey

Survey di sini dapat diartikan melakukan perbandingan. Pada umumnya pada lokasi yang strategis pengusaha akan berlomba mendirikan ruko.

Nah, pastikan anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai harga dan fasilitas ruko – ruko yang ada untuk mendapatkan harga terbaik.

  1. Kenali Lingkungan Sekitar Ruko

Mengenali lingkungan sekitar ruko harus anda lakukan sebelum anda resmi membelinya. Lingkungan sering dikaitkan dengan keamanan dan kenyamanan para konsumen. Jika lingkungan sekitar ruko mendukung dan relative aman, maka ruko tersebut layak untuk anda beli.

  1. Periksa Kondisi Bangunan

Memeriksa kondisi bangunan sangat penting untuk dilakukan. Hal ini tentu saja untuk melancarkan usaha yang dijalankan dan sebagai pertimbangan mengenai harga ruko tadi. Periksalah secara detail mengenai kondisi dinding, kekuatan lantai terutama lantai dua, kapasitas listrik, dan fasilitas pendukung lainnya.

  1. Legalitas

Jika semua kriteria di atas sudah terpenuhi, langkah terakhir adalah memastikan aspek legal ruko yang akan beli. Pperhatikan surat – surat seperti SHM dan HGB serta perijinan IMBnya.

ruko

Untuk memastikan keabsahan surat dan perizinan tadi, tidak ada salahnya jika anda melakukan konfirmasi pada instansi yang bersangkutan.

Itulah sedikit tips membeli ruko yang menguntungkan. Berhatilah – hatilah saat anda hendak membeli ruko dan periksa betul surat – surat dan perizinan yang anda.

Tentunya anda tidak mau bukan jika pada akhirnya ruko yang anda beli bermasalah hanya karena kurang teliti pada saat anda membelinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

%d bloggers like this: