Tips Sukses Bisnis Property

Menatap masa depan, terkadang kita perlu membayangkan bagaimana perkembangan suatu wilayah ke depan dan seperti apa pola hidup masyarakatnya,  kalau perlu kita buat program untuk menggiring mereka pada suatu kondisi tertentu, misalnya dengan membuat tata kota suatu wilayah dengan memikirkan beberapa hal yang mungkin terjadi maka kita dapat memperkirakan prospek bisnis property yang akan kita jalani dan memulai bisnis dengan modal uang yang cukup memang bisa mempermudah langkah kedepan, meskipun kehadirannya bisa digantikan dengan elemen-elemen lain.

1. Siap dengan waktu
Untuk berinvestasi di properti, hal utama pastinya Anda butuh modal, namun selain modal, yang dibutuhkan juga adalah waktu Anda. Mempunyai properti sama sekali berbeda dengan memiliki rumah yang dihuni secara pribadi. Oleh karena itu, Anda harus siap  berurusan dengan pengelolaan properti, apalagi jika properti yang Anda miliki disewa dan digunakan oleh sebuah perusahaan, Anda harus mempersiapkan segalanya jika sewaktu-waktu ada masalah penting yang timbul dengan perusahaan. Jika Anda komit dengan waktu yang dimiliki maka hal itu tidak akan jadi masalah bagi Anda.

2. Membeli Property Hanya Dari Penjual yang Memang Berniat Menjual Propertinya

Banyak properti yang dipasangi tanda akan dijual, tetapi sesungguhnya pemilik tidak berniat menjual, sekurang-kurangnya pemilik tidak terlalu butuh cepat untuk menjual propertynya. Kasus seperti ini sering terjadi jika pemilik hanya sekedar ingin mengetahui harga jual dari property miliknya. Jika kondisi ini anda jumpai sebaiknya cari property lain, karena pemilik tidak akan melayani tawar-menawar harga. Apalagi harga yang diajukan jauh dibawah harga permintaan.

3. Sukai Transaksinya, Bukan Propertynya

Sebagai seorang investor kita hanya berpegang teguh kepada prinsip, apakah property tersebut menghasilkan arus kas positif. Sebagus apapun suatu property, sesuka apapun kita terhadap property, jika tidak manghasilkan arus kas positif tidak seharusnya dijadikan property investasi.Akan berbeda jika property tersebut akan dipergunakan sebagai tempat tinggal. Jangan merasa Anda harus melakukan semuanya sendirian, Anda harus mempelajari bagaimana cara berinvestasi properti dengan benar. Ada banyak cara tersedia untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.Ikutilah lokakarya, seminar atau website online yang menyediakan banyak info tentang investasi property. Dengan begitu Anda akan mendapatkan banyak saran dan pengetahuan guna mempersiapkan diri untuk serius di dunia investasi property.

4. Jangan Ikut-Ikutan

Property sangat dipengaruhi oleh kondisi makro ekonomi. Property mempunyai siklusnya sendiri. Tidak selamanya kondisi bagus untuk investasi di bidang property. Oleh karena itu diperlukan daya tahan yang kuat untuk dapat bertahan sebagai investor property. Seperti investasi di bidang lainnya, investasi di bidang property juga tidak selamanya sukses. Akan ada masanya anda tidak menghasilkan arus kas positif dalam suatu transaksi. Orang yang ikut-ikutan dalam berinvestasi property akan menyerah jika menemukan kondisi yang tidak sesuai dengan keinginannya. Berbeda kalau kita memang mencintai dunia ini, kerugian dalam suatu transaksi tidak menyebabkan kita mundur sebagai investor property.

5. Berusaha Selalu Membeli Tanpa Atau Dengan Sedikit Uang Muka

Membeli dengan sesedikit mungkin uang muka menyebabkan tingkat ROI mejadi lebih besar. Inilah salah satu sifat baik dari property, bisa dibeli tanpa membayar harga secara tunai. Banyak instrumen pembayaran yang bisa kita gunakan untuk membantu proses membeli ini, diantaranya adalah dengan bantuan kredit dari bank dan penundaan bayar sesuai dengan kesepakatan dengan pemilik. Keuntungan lainnya dengan pola beli dengan membayar uang mukanya saja adalah kita bisa mengalokasikan uang untuk membeli property lainnya dengan pola yang sama. Jadi pada saat yang sama kita bisa mempunyai beberapa property dengan harga yang lebih tinggi dari uang yang kita keluarkan untuk membeli.

6. Memiliki strategi investasi yang jelas
Apa yang Anda harapkan dengan berinvestasi di bidang properti? Apakah berencana untuk merenovasi dan menjual properti untuk mendapat keuntungan dengan  yang cepat atau Anda hanya ingin membiarkan saja properti Anda? Dengan berinvestasi ini apa yang bisa Anda hasilkan? Ini adalah beberapa pertanyaan penting yang memungkinkan Anda  memahami apa yang ingin dicapai. Apapun alasannya sebagai pemiliki properti, yang terpenting Anda harus punya strategi yang jelas ketika berinvestasi di properti. Karena hal inilah yang memungkinkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan properti yang Anda miliki.

7. Identifikasi daerah-daerah yang menguntungkan
Sebagai investor, kadang menghindari pekerjaan yang memakan waktu dan biaya.  Namun jika ingin berinvestasi properti Anda harus mau sedikit capek.Bila ingin menghasilkan keuntungan saat menyewakan properti, carilah lokasi yang tepat dan strategis di mana banyak tempat dengan permintaan sewa yang tinggi. Misalnya memiliki properti tapi tidak banyak laku dan disewakan, ini justru akan membuat Anda rugi.

 

 

 

Sumber :

http://asriman.com/tips-sukses-menjadi-investor-property/

Sumber :

https://cdn.sindonews.net/dyn/460/content/2015/12/22/179/1071587/target-program-sejuta-rumah-tahun-ini-dipastikan-tak-tercapai-tEg-thumb.jpg

http://www.bimarasolusindo.co.id/wp-content/uploads/2016/06/beberapa-alasan-yang-mengharuskan-anda-membeli-properti-hari-ini-juga.jpg

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: